Yuk Ketahui Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Yuk Ketahui Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Yuk Ketahui Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Mengirim dan menerima paket dari Indonesia itu pasti sudah jadi hal yang biasa untuk Anda.  Tapi bagaimana urusannya jika Anda menggunakan jasa pengiriman ke luar negeri?

Apakah Anda hanya perlu membungkus paket seperti biasa? Apakah nantinya mengirim barang ke luar negeri juga hanya dikenakan tarif ongkos kirim per-kilogram saja? Sebaiknya sebelum Anda mengirimkan paket, pelajari dulu bagaimana skema pengiriman barang ke luar negeri yang benar.

Jalur Pengiriman Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Sebenarnya ada 2 jenis proses pengiriman barang ke luar negeri. Ada yang menggunakan jalur via udara dan juga laut. Masing-masing jalur pengiriman ini punya keunggulan dan juga kelemahan sendiri.

1. Pengiriman Via Pesawat

Jika Anda ingin mengirimkan paket yang penting dengan waktu mendesak, maka pilihlah layanan ekspes dengan moda transportasi pesawat. Mengapa? Jasa pengiriman barang dengan moda pesawat bisa digunakan untuk mengirimkan paket yang ringan. Anda bisa mengirimkan barang yang bahkan beratnya kurang dari 1 kg.

Prosedur pengiriman barang ini jauh lebih mudah. Waktunya pun jauh lebih cepat dibandingkan via laut. Karena setiap hari jasa pengiriman internasional bisa langsung mengirimkan barangnya dengan pesawat tanpa perlu menunggu kuantitas minimal. Tapi resikonya, Anda harus membayar ongkos kirim yang lumayan mahal.

2. Pengiriman Via Laut

Kapal kargo bisa memuat banyak sekali barang dan bisa menempuh perjalanan jauh ke berbagai negara. Untuk sarana penyimpanan barang, Anda pasti tahu dengan media kontainer. Satu perusahaan biasanya menyimpan barang kirimannya di kontainer yang sama.

Nah, perusahaan ekspedisi internasional pun juga demikian. Anda bisa mengirimkan paket dalam jumlah yang banyak dengan kapal kargo ini. Ongkos kirim paket dengan kapal kargo jauh lebih murah daripada dengan pesawat. Tapi ada batas minimal kubikasi yang bisa dikirimkan.

Jadi Anda tidak bisa mengirimkan barang yang sedikit dengan kapal kargo ini. Karena minimal volumenya harus 1 kontainer. Nah, karena itulah pihak ekspedisi biasanya akan mengumpulkan beberapa paket dengan tujuan yang sama lebih dulu. Jika volumenya sudah cukup untuk pengiriman kargo laut, maka paket-paket tersebut baru dikirimkan.

Itulah asalan mengapa pengiriman via laut yang ditawarkan oleh jasa pengiriman ke luar negeri bisa lebih lama dan proses lebih rumit. Tapi Anda tetap harus bersabar, karena memang biaya kirimnya lebih terjangkau.

Bagaimana Yuk Ketahui Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Sebagian besar orang pasti khawatir jika barang yang dikirimkan ke luar negeri tidak sampai ke penerimanya. Banyak yang khawatir mengenai pajak masuk (bea cukai) barang kiriman tersebut.  Ternyata, barang yang Anda kirim bisa saja kena pajak atau tidak.

Kebijakan pajak masuk tersebut tergantung dengan peraturan di negara tujuan Anda mengirim barang.

Dimana Bisa Menemukan Yuk Ketahui Syarat dan Tata Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Jasa pengiriman barang internasional memang tak sebanyak ekspedisi lokal.  Tapi Anda harus benar-benar memilih jasa pengiriman yang tepat untuk barang yang akan dikirimkan ke luar negeri. Bagaimana cara memilih ekspedisi yang bagus?

  • Jasa pengiriman internasional ini harus komunikatif dan bisa memberikan solusi bagi paket Anda.

Tata Cara Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Yang Benar

Tata cara kirim barang ke luar negeri sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini.

Jangan panik dulu jika anda ingin mengirim barang ke luar negeri atau menerima pake. Ada kabar baik jika Anda sekarang dengan mudah bisa mengetahui posisi kiriman barang dari luar negeri /paket yang anda kirimkan dari luar negeri. Caranya adalah dengan mengecek langsung

Untuk mengetahui pengiriman barang import syaratnya cuma satu: yaitu Anda harus mengetahui nomor Airway Bill (AWB), yaitu semacam nomor resi pengiriman ekspor impor; serta nama penerima paket tersebut.

Anda tinggal ketik data tersebut ke dalam kotak yang tersedia lalu anda tinggal klik PIBK Online Jika pengiriman barang impor Anda memang ada, datanya biasanya akan segera muncul di layar komputer atau handphone Anda. Mudah sekali bukan?

Untuk pengecekan seperti ini baru berlaku untuk mengecek paket paket dari luar negeri yang dikirimkan melalui perusahaan jasa titipan (PJT) seperti Redbox AirAsia, DHL, Fedex, TNT, dan sebagainya. untuk pengecekan status barang kiriman secara online ini tidak berlaku untuk paket yang dikirim melalui kantor pos (Electronic Mail Service – maupun EMS.

You May Also Like
Aman dan Cepat Kirim Barang  dari Bandung Ke Philipines/Filipina

Aman dan Cepat Kirim Barang dari Bandung Ke Philipines/Filipina

Mau kirim barang ke philippines/filipina? Hubungi kami untuk menggunakan jasa ekspedisi yang resmi, profesional,...

10 Istilah Dalam Kirim Barang Ke Luar Negeri  yang Jarang Diketahui Artinya

10 Istilah Dalam Kirim Barang Ke Luar Negeri yang Jarang Diketahui Artinya

Pahami istilah ekspor sebelum mengirimkan barang ke luar negeri. Pasti masih ada yang belum...

Kirim Barang Dari Bandung  Ke Hongkong Semudah Ini!

Kirim Barang Dari Bandung Ke Hongkong Semudah Ini!

Urusan kirim barang dari Bandung ke Hongkong semakin mudah bersama AWI Express. Pengirimannya super...